Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kotim Ini Minta Pemerintah Tegas Soal Perkebunan

  • Oleh Naco
  • 19 Agustus 2019 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringi Timur, Hairis Salamad menyoroti persoalan yang terjadi antara pihak perkebunan dengan masyarakat. 

Menurut dia, konflik dengan perkebunan ini bisa diakhiri apabila pemerintah tegas dan terbuka dengan data Hak Guna Usaha (HGU) dari setiap koorporasi yang bermasalah tersebut.

Selama ini kata dia persoalan di sektor perkebunan terutama di daerah pelosok tidak pernah berakhir, konflik dengan masyarakat selalu terjadi.

"Sebenarnya persoalan itu  bisa dituntaskan asal ada niat baik menyelesaikan karut marunya HGU perkebunan di daerah ini, “kata Hairis Salamad, Senin, 19 Agustus 2019.

Hairis  menyebutkan  penuntasan persoalan bersinggungan dengan HGU ini memang bukan perkara mudah, apalagi di belakang perusahaan perkebunan ini merupakan orang yang punya pengaruh dan akses ditingkat pemerintah pusat.  

Sehingga pemerintah daerah untuk menyelesaikan kebun yang tidak patuh dengan izin HGU itu perlu dukungan banyak pihak untuk menyelesaikannya.

Maka dari itu kata dia jangan semata-mata berharap dengan pemerintah daerah mendorong penuntasan dan penertiban HGU, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, artinya perlu dukungan banyak pihak. 

Dengan demikian ia yakin itu akan bisa diatasi dan diselesaikan. Karena selama ini hal semacam itu yang tengah ditunggu dan dinanti oleh masyarakat.

"Namun demikian yang jadi pertanyaan sejauh ini apakah pemerintah daerah sudah punya sikap untuk menyikapi  persoalan kebun yang tidak taat dengan ketentuan perizinan itu, nah ini yang masih jadi tanda tanya. Artinya pemerintah harus punya sikap dan tindakan. Tidak bisa jika menunggu begitu saja," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru