BPBD Kotawaringin Timur Bagikan Peralatan Pemadam Kebakaran untuk 12 Kecamatan 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Agustus 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur (Kotim) membagikan bantuan berupa peralatan pemadam kebakaran untuk 12 kecamatan.

"Sudah kami salurkan bantuan berupa peralatan pemadaman untuk 12 kecamatan di Kotim," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kotim M Yusuf, Selasa, 20 Agustus 2019. 

Peralatan pemadaman kebakaran yang diberikan berupa kendaraan roda tiga tosa, mesin pompa, perlengkapan pemadam seperti sepatu, pakaian, helm, dan lainnya. 

Hal tersebut dilakukan agar pihak kecamatan bisa dengan cepat bertindak melakukan pemadaman jika terjadi kebakaran lahan. Sehingga api tidak sempat meluas. 

"Bantuan dari kami ini sebagai upaya agar penanganan kebakaran lahan di kecamatan bisa cepat dan lebih maksimal," kata Yusuf.

Pihaknya saat ini terus berupaya melakukan pengendalian kebakaran lahan. Seperti pemadaman secepat mungkin. Sehingga api tidak terus meluas, dan dampak kebakaran lahan berupa kabut asap bisa tertangani. 

"Kalau api sudah besar baru dipadamkan akan sulit, namun kalau baru muncul akan mudah," terang Yusuf. 

Sementara, Satgas Karhutla Kotawaringin Timur (Kotim) juga terus berupaya menanggulangi karhutla di Kotim ini. Bahkan tim satgas udara juga terus beroperasi. Dengan sasaran di wilayah yang sulit dijangkau melalui jalur darat. 

"Helikopter water bombing juga terus beroperasi. Itu cukup efektif untuk mengurangi luasan wilayah karhutla di bagian selatan Kotim," terang Yusuf. (MUHAMMAD HAMIM/) 

Berita Terbaru