Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah 200 Hektare Lahan di Kotawaringin Timur Terbakar 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Agustus 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini, setidaknya sudah 200 hektare lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang terbakar sejak awal Juli 2019 hingga pertengahan Agustus 2019.

"Luasan kebakaran lahan di Kotim saat ini lebih dari 200 hektare, dan kami terus melakukan penanganan," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusup, Selasa, 20 Agustus 2019. 

Dari 200 hektare luasan lahan yang terbakar tersebut, setidaknya sudah 70% yang berhasil dipadamkan oleh pihaknya. Baik melalui Satgas Karhutla darat maupun helikopter water bombing. 

"Pemadaman masih terus kami lakukan, terutama di daerah selatan seperti Kecamatan Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, dan Teluk Sampit, menggunakan helikopter water bombing," kata Yusup. 

Dirinya menerangkan, water bombing sangat membantu pihaknya dalam mengatasi Karhuta. Meskipun tidak bisa melakukan pemadaman secara menyeluruh, paling tidak menahan api menjalar ke lahan lainnya. 

"Kami juga sangat bersyukur dalam dua hari ini hujan mulai mengguyur sejumlah daerah di Kotim. Mudah-mudahan bisa mengurangi kebakaran lahan," harap Yusup. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru