Panjat Pinang dan Tarik Tambang Semarakkan Kawasan Taman Religi Kasongan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Agustus 2019 - 23:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Lomba panjat pinang dan tarik tambang yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke - 74 di tepi Sungai Katingan, tepatnya sekitar Taman Hijau Kasongan, Kabupaten Katingan, Selasa, 20 Agustus 2019 sore, berlangsung meriah.

Lomba panjat pinang dan tarik tambang digelar masyarakat sekitar Taman Religi Kasongan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Ada beberapa kelompok yang ikut lomba panjat pinang ini. Demikian pula dengan tarik tambang. Panitia menyediakan berbagai macam hadiah bagi para pemenang lomba. 

Tidak hanya masyarakat sekitar Taman Religi yang menyaksikan dua lomba itu, tetapi juga warga dari Kasongan seberang dan pengunjung taman.

Para penonton pun dibuat tertawa saat menyaksikan para pemanjat yang jatuh bangun. Gelak tawa juga ramai ketika menyaksikan lomba tarik tambang. Pasalnya, tidak hanya diikuti laki-laki, tetapi juga diikutikaum hawa.

"Cukup menghibur lah. Selain sebagai tradisi tiap peringatan HUT kemerdekaan RI, kegiatan seperti ini juga dalam rangka mengingat perjungan para pejuang dulu saat melawan penjajah," kata Rahman, warga Kasongan.

Dari pantauan borneonews.co.id di sejumlah komplek perumahan di Kota Kasongan, sejak tiga hari terakhir banyak lomba agustusan yang digelar warga. Seperti di Jalan Soekarno-Hatta Kasongan, komplek Kereng Humbang, dan Bukit Batu.

Sementara itu, Pemkab Katingan pada Minggu, 18 Agustus 2019 mengadakan pawai budaya dengan menggunakan berbagai kendaraan mengelilingi Kota Kasongan. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru