Panitia MTQ Kapuas Gelar Orientasi Pelatihan Dewan Hakim

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Agustus 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Panitia Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Kapuas melaksanakan Orientasi Pelatihan Dewan Hakim sebagai persiapan menghadapi MTQ tingkat kabupaten yang ke - 44 tahun 2019.

Pelatihan dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas, Kamis, 22 Agustus 2019.

Acara dihadiri Ketua Umum LPTQ Kapuas Muchtar Ruslan, Sekretaris LPTQ Kapuas Suwarno Muriyat, Ketua Pelaksana Orientasi Pelatihan Dewan Hakim Hamidan, dan Pelatih Qori dari Banjarmasin Muhammad Abduh.

Muchtar Ruslan pada kesempatan itu mengatakan Dewan Hakim adalah perangkat yang penting bagi MTQ. Bahkan, merupakan perangkat pertama di LPTQ tingkat kabupaten dan kecamatan.

"Pada MTQ kali ini, Dewan Hakim yang diambil hanya 54 orang dari biasanya yang mencapai 80 orang. Untuk itu, Dewan Hakim akan terbentuk bila ada LPTQ, panitia dan peserta," ucap Muchtar Ruslan.

"Sedangkan untuk peserta yang diundang mengikuti pelatihan hanya 20 orang. Terbagi menjadikategori tilawah, tartil, serta tahfidz dewasa, remaja, dan anak–anak."

Sementara itu, Sekretaris LPTQ Suwarno Muriyat mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas para peserta MTQ. Supaya nantinya mampu bersaing di tingkat provinsi.

"Untuk persiapan yang dilakukan sudah berjalan dan siap, dan ini bagian dari mematangkan semuanya agar siap saat pelaksanaan pada Oktober nanti,” ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru