BPOM Ingatkan Penjual Akar Bajakah Jangan Beri Label Obat Kanker

  • Oleh Budi Yulianto
  • 22 Agustus 2019 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala BPOM Palangka Raya, Trikoranti Mustikawati mengingatkan masyarakat yang menjual akar bajakah, untuk tidak memberikan label obat kanker. 

Dia menjelaskan, akar Bajakah memiliki ratusan jenis yang khasiatnya juga berbeda. Apalagi, saat ini juga baru direncanakan dilakukan penelitian lebih jauh soal kepastian dari khasiatnya itu. 

"Jadi, apakah di situ memang betul-betul bajakah dan apa spesiesnya, kita juga belum tahu. Juga belum tahu campurannya apa saja, tapi sudah diklaim obat kanker," kata Trikoranti, Kamis, 22 Agustus 2019.

Menurutnya, hal itu yang saat ini perlu dilakukan pembinaan terhadap masyarakat. Supaya jangan sampai keliru menyikapi viralnya akar bajakah.

"Sebenarnya ada bermacam-macam tapi yang ditonjolkan anti kanker. Inikan kasihan masyarakat (karena belum dipastikan benar)," kata dia.

Trikoranti memberikan saran kepada penjual bajakah agar tidak memberikan label. Apabila pelaku usaha ingin mengajukan ke BPOM supaya dapat izin edar, itu bisa diajukan. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru