Angka Stunting di Seruyan Terus Menurun

  • Oleh Reno
  • 24 Agustus 2019 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemerintah Kabupaten Seruyan terus berkomitmen untuk menekan angka stunting. Hasilnya, ada penurunan jumlah kasus itu.

Wabup Seruyan, Iswanti menjelaskan, angka stunting di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Seruyan ini telah menurun. Hal itu seiring dengan upaya seluruh stakeholder untuk berperang melawan stunting.

"Kita terus berkomitmen menekan angka stunting serendah mungkin di Kabupaten Seruan. Mengingat juga bahwa Kabupaten Seruyan terkenal dengan hasil ikan yang cukup baik, begitu juga hasil pertaniaannya," ujar Iswanti, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Dia tidak ingin anak-anak di Kabupaten Seruyan menderita stunting. Apalagi Seruyan memiliki sumber kekayaan alam baik itu dari laut maupun hasil pertanian dan perkebunannya. 

Secara umum stunting ini adalah mereka yang tinggi badan kalau diukur berat badan dengan umur tidak sesuai dengan standar. 

Iswanti menjelaskan, dampak stunting ini mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Adapun dampak jangka panjang stuting yang tidak ditangani dengan baik akan menurunkan kecedasan otak menurunkan kekebalan tubuh sehingga anak mudah sakit. Kemudian, resiko tinggi lainnya muncul penyakit metabolisme, penyakit jantung atau penyakit pembuluh darah. (RENO/B-11)

Berita Terbaru