Pemilik Keramba Ikan di Kasongan Keluhkan Sungai Katingan masih Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Agustus 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah pemilik keramba ikan di Kasongan, Kabupaten Katingan, mengeluhkan kondisi Sungai Katingan yang saat ini masih surut.

Surutnya air Sungai Katingan ini terjadi sejak sebulan terakhir seiring datangnya musim kemarau.

Akibat debit air Sungai Katingan surut, menyebabkan tidak jarang keramba ikan milik warga yang selama ini berada di sungai ini mati.

Menurut Yayan, seorang pemilik keramba di Sungai Katingan sekitar Pelabuhan Hurung Kasongan, kondisi air Sungai Katingan sejauh ini menyebabkan tidak sedikit ikan di keramba miliknya mati.

"Mungkin karena pengaruh air surut, sehingga kemarin banyak ikan keramba kita yang mati," tuturnya, Minggu, 25 Agustus 2019.

Menurutnya, tidak hanya ikan keramba miliknya yang banyak mati, namun juga milik temannya di Kampung Banjar dan bawah Jembatan Sei Katingan juga dikabarkan banyak yang mati.

Yayan mengaku memiliki delapan keramba ikan. Saat ini hanya tiga keramba yang masih ada ikannya, sedangkan yang lain belum diisi bibit karena masih kemarau.

"Rencananya kalau sungai sudah kembali normal pasang kita baru isi bibit di keramba yang sekarang kosong, sebab kalau diisi bibir sekarang takutnya banyak yang mati," katanya.

Hatimi, pemilik keramba ikan lainnya di Kampung Banjar juga mengakui jika musim kemarau yang menyebabkan air Sungai Katingan surut mempengaruhi perkembangan ikan kerambanya.

Menurutnya, jika kondisi kembali berubah dari surut menuju pasang, juga akan berpengaruh terhadap ikan di kerambanya. "Kalau musim sungai surut ini memnag pengaruhnya ikan banyak yang mati, dan harapan kami musim hujan bisa segera datang, sehingga air sungai kembali normal," harapnya.(ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru