Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerukunan Antarwarga di Katingan Berjalan Baik

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Agustus 2019 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sekda Katingan Nikodemus menyebut kerukunan antarwarga di daerahnya selama ini berjalan dengan baik. Nikodemus menyampaikan itu saat membuka kegiatan Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial Kalangan Kasyarakat Katingan, Senin, 26 Agustus 2019.

"Negeri kita akhir-akhir ini diramaikan dengan informasi terkait kejadian-kejadian di sejumlah daerah tentu mengkhawatirkan kita. Namun untuk wilayah Kabupaten Katingan sejauh ini aman dan damai, terutama kerukunan antarwarganya," kata Nikodemus.

Terkait itu, dia juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Terutama dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

"Terkait kegiatan ini kami menyambut baik. Ini perlu terus dijaga dan dipelihara, agar peristiwa dan kejadian di tempat lain tidak menjalar atau terjadi di wilayah kita," ujarnya. 

Sekda Katingan menambahkan, potensi konflik tentu ada di berbagai daerah, baik skala besar dan kecil.

"Harapan kita sekecil apapun potensi itu wajib diketahi secara bersama-sama, karena kita hidup dalam berbagai komunitas," katanya.

Dalam rangka pemantapan koordinasi penanganan konflik sosial khusus di tingkat kecamatan, Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan surat edaran untuk gubernur, bupati dan walikota nomor 300/5997/SU tanggal 22 Oktober 2016.

Surat edaran itu di antaranya meminta kepada gubernur, bupati dan walikota untuk mengoptimalkan peran forum koordinasi pimpinan di kecamatan dalam penyelesaian permasalahan sosial kemasyarakatan dengan melibatkan tokoh-tokok.

Serta, memberdayakan camat dalam melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi konflik wilayahnya dengan melibatkan lurah atau kepala desa hingga RT/RW. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru