Bajakah yang Beredar di Masyarakat Dibeli Jadi Sample Penelitian

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 Agustus 2019 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama pihak terkait mulai melakukan penelitian akar Bajakah untuk memastikan kandungannya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan, sample yang diambil untuk dilakukan penelitian adalah Bajakah yang beredar di masyarakat. 

"Semua sample merupakan yang beredar di masyarakat. Kita membelinya (untuk diteliti lebih lanjut)," kata Fahrizal, Senin, 26 Agustus 2019.

Tim nantinya tidak hanya mengidentifikasi dari sisi batangnya, tapi juga bentuk tumbuhannya. Ini dilakukan dengan harapan dapat diketahui jenis Bajakahnya mengingat terdapat ratusan jenis dengan manfaat yang berbeda. 

"Selanjutnya nanti kita akan teliti extrak kandungan dalam Bajakah. Karena begitu banyak jenis Bajakah. Nanti akan dilakukan kajian lebih lanjut," ungkapnya.

Sekda berharap dalam waktu yang tidak lama, penelitian itu bisa segera diketahui hasilnya. Sehingga, manfaat dari Bajakah akan benar-benar diketahui.

"Memang saat ini testimoni sudah ada. Tapi itukan perlu diuji secara klinik supaya betul-betul memenuhi standar kesehatan," 

"Karena kita tidak ingin nantinya malah berakibat negatif bagi kesehatan," tutur sekda. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru