Lurah Raja Ajak Masyarakat Manfaatkan Bank Sampah

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 28 Agustus 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lurah Raja, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Rangga Lesamana, mengajak masyarakat membudayakan hidup bersih.

Salah satu caranya dengan mengelola sampah sebaik mungkin dan bernilai ekonomi memanfaatkan keberadaan bank sampah.

"Bank sampah sudah ada. Tinggal bagaimana kita meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilah sampah menjadi bernilai jual," ujarnya saat sosialisasi strategi pengelolaan sampah di aula Kelurahan Raja, Rabu, 28 Agustus 2019.

Sosialiasi itu dihadiri oleh seluruh ketua rukun tetangga (RT) se-Kelurahan Raja. 

Menurut Rangga, sosialisasi terkait keberadaan bank sampah dan jenis - jenis sampah yang memliki nilai ekonomis, sudah dimulai sejak April 2019.

"Alhamdulillah sejak disosialisasikan sudah ada dua RT yang konsisten memilah sampah. Artinya ini ada perkembangan dan dipastikan akan diikuti oleh RT lainnya," tutur dia.

Jadi, lanjut Lurah, masyarakat disuruh memilah sampah yang memiliki nilai ekonomis, lalu pihak pengelola bank sampah yang akan mengambilnya.

Pada sosialisasi kali ini, Rangga Lesmana juga menyerahkan gerobak sampah secara simbolis. Nantinya gerobak itu akan dibagikan ke setiap RT dengan jatah satu unit. Kecuali RT 10, 13, dan 17, mendapat jatah dua unit karena memiliki wilayah yang luas.

"Semoga dengan sosialisasi ini, ketua RT dapat menyampaikan ke warga tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan sampah memiliki nilai ekonomi jika dikelola dan menjadi penyakit jika dibiarkan," sebut Rangga Lesmana. (DANANG/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru