Polres Kotim Selidiki Kebakaran Lahan di Jalan MT Haryono Barat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 September 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Polres Kotim menyelidiki kebakaran lahan di Jalan MT Haryono Barat, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Minggu, 1 September 2019. Bahkan, untuk kepentingan penyelidikan, petugas memasang garis polisi.

"Hari ini kami tidak hanya melakukan pemadaman kebakaran lahan, namun juga kami selidikid engan memasang garis polisi di lahan ini," kata Kapolres Kotim, AKBP Mohammad Rommel.

Garis polisi tersebut dipasang sebagai upaya untuk melakukan penyelidikan. Guna mengungkap apakah lahan tersebut sengaja dibakar atau memang terbakar. 

"Arah api dan juga jatuhnya tebangan pohon juga kami perhatikan untuk mencari tahu penyebab kebakaran lahan tersebut," kata Rommel. 

Jika nantinya dalam penyelidikan ada ditemukan unsur kesengajaan, maka status penyelidikan akan ditingkatkan ke penyidikan. Saat ini sudah ada 5 kasus yang masuk tingkat penyidikan. 

"Ada 5 kasus yang sudah masuk tingkat penyidikan, bahkan tinggal menunggu tahap dua saja. Sedangkan penyelidikan masih ada 7 kasus terkait kebakaran lahan ini," terang Rommel. 

Pihaknya saat ini terus berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap kebakaran lahan. Bahkan mereka tidak segan menindak tegas pelaku pembakar lahan jika ditemukan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru