Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Keluarga Sadar Hukum untuk Ukur Kesadaran Warga tentang Hukum

  • Oleh Norhasanah
  • 10 September 2019 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Lomba keluarga sadar hukum atau kadarkum untuk ukur kesadaran warga tentang hukum.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara Sutrisno mengatakan, lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) bertujuan untuk mengukur tingkat kesadaran hukum bagi masyarakat di Bumi Gawi Barinjam.

"Penyelenggaraan lomba Kadarkum ini diharapkan bukan hanya sekadar sebuah lomba biasa," ucap Sutrisno, Selasa, 10 September 2019.

"Lomba ini merupakan upaya untuk mengukur tingkat kesadaran hukum masyarakat, khususnya siswa SLTA sederajat terkait pengetahuan hukum," lanjutnya.

Sutrisno berharap, dengan adanya lomba tersebut, maka siswa-siswi yang ikut dalam lomba bisa mengetahui dan mengerti hukumnya di masyarakat, dan apa saja kontribusi yang bisa diberikan untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat.

"Pelajar diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum, serta mewujudkan budaya hukum masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Sukamara," harapnya.

Sementara, Kabag Hukum Setda Sukamara, Eko Priyanto mengatakan, bahwa lomba kadarkum adalah upaya peningkatkan pemahaman terhadap norma hukum, yang  tujuan untuk mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat di Kabupaten Sukamara.

"Ini juga untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat pemahaman masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku," terang Eko.

Dalam lomba Kadarkum yang digelar hari ini, diikuti sebanyak 25 orang yang terdiri dari perwakilan lima kecamatan. Setiap kecamatan mengirimkan sebanyak 1 regu dengan jumlah lima orang pelajar tingkat SMA sederajat. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru