Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komunitas Betang Bagawi Ajari Tips Cara Kurangi Dampak Asap Bagi Kesehatan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 12 September 2019 - 18:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komunitas Betang Bagawi memberikan beberapa tips jitu untuk mengurangi dampak paparan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Palangka Raya.

Ketua Komunitas Betang Bagawi, Trisia mengungkapkan hal pertama yang penting adalah menggunakan masker basah, baik saat beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan.

“Untuk ruangan semua jendela dan lubang udara perlu ditutup dengan kain basah yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruangan,” ucap Trisia di SDN 6 Palangka Raya, Kamis, 12 September 2019

Kemudian gunakan kipas angin yang bagian depannya telah ditutup dengan kain basah untuk melembabkan ruangan dan mensirkulasi udara di dalam ruangan.

Sedangkan untuk penghasil oksigen dan untuk memurnikan udara secara alami, di dalam ruangan juga dapat diletakkan aquarium berisi ikan. 

“Lokasi lain bisa diganti dengan baskom atau ember berisi air yang dilengkapi dengan lumut atau ganggang untuk memberikan oksigen. Ruangan juga bainya dilengkapi dengan alat ukur suhu dan kelembaban udara," katanya.

Selanjutnya cara membersihkan ruangan tidak perlu disapu, cukup melainkan dipel menggunakan kain basah untuk mencegah partikel debu beterbangan. 

“Selanjutnya usahakan kelembapan suhu ruangan kira-kira antara 50-70 persen dengan suhu 27-28 derajat celcius,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru