Pemerintah Kotawaringin Timur Gelar Seminar Tentukan Langkah Pengembangan Museum Kayu Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 September 2019 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar seminar untuk menentukan langkah ke depan dalam mengembangkan Museum Kayu Sampit. Supaya semakin dikenal dan menjadi salah satu tujuan wisata edukasi masyarakat.

"Seminar ini digelar untuk menentukan langkah ke depan dalam pengembangan Museum Kayu Sampit," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor saat membuka kegiatan itu, Senin, 16 September 2019.

Kegiatan itu diikuti semua unsur lapisan masyarakat, tokoh agama, pengusaha, kepala SOPD, organisasi masyarakat, LSM, mahasiswa, perwakilan kaum perempuan, pelajar, dan mahasiswa.

Sedka berharap, seminar nantinya dapat menghasilkan atau melahirkan konsep tentang strategi pengembangan museum ke depan. Sesuai dengan dinamika masyarakat, serta solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan pembangunan di berbagai sektor.

"Yang harus dilakukan saat ini adalah meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya di tengah peradaban dunia, melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan," kata Halikinnor.

Sehingga dengan seminar yang digelar tersebut, dapat menjadi salah satu wadah informasi mengenai khasanah pengetahuan kepada publik. Dengan harapan Museum Kayu dapat memainkan peran aktif dalam proses belajar mengajar, menunjang pendidikan formal, dan usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. 

"Saya harap Museum Kayu Sampit ini bisa lebih baik kedepannya, dan menjadi wisata edukasi yang maju nantinya," ujar Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru