Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perpustakaan Desa di Kabupaten Barito Utara Baru 30 Persen

  • Oleh Ramadani
  • 16 September 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Perpustakaan desa yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Barito Utara baru 30 persen dari 93 desa dan 10 kelurahan yang ada di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Siptaka) Kabupaten Barito Utara Ir Edy Nugroho pada sosialisasi pengelola perpustakaan desa/kelurahan se Kabupaten Barito Utara tahun 2019, di aula Bappeda Litbang, Senin 16 September 2019.

Menurut Edy, perpustakaan desa menempati posisi yang strategis dalam mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat. Perpustakaan desa juga merupakan sarana meningkatkan kualitas SDM yang mudah dijangkau oleh masyarakat pedesaan/kelurahan.

Keberadaan perpustakaan desa dinilai sebagai salah satu wadah untuk meningkatkan pengetahuan, menambah wawasan, membentuk sikap dan perilaku serta mengembangkan keterampilan terapan yang bermanfaat bagi kualitas hidup masyarakat.

“Untuk memenuhi harapan tersebut, pda hari ini dinas siptkaka daerah Kabupaten barito utara menyelenggarakan sosialisasi pengelola perpustakkaan desa/kelurahan se Kabupaten Barito Utara tahun 2019,” ungkapnya.

Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada para pengelola perpustakaan tentang standar pengelolaan perpustakaan desa/kelurahan, memberikan pemahaman, pengarahan serta membimbing terkait dengan tugasnya bagi pengelola perpustakaan desa.

Selanjutnya, meningkatkan kualitas SDM atau pengetahuan bagi para pengelola perpustakaan desa/kelurahan.

“Untuk nara sumber dalam kegiatan ini yakni dari dinas Siptaka Kabupaten barito Utra, Dinas Perpustakaan dan Arsip [provinsi Kalimantan tengah, dan trainer transformasi perpustakaan yang berkelanjutan wilayah Provinsi kalimantan Tengah,” katanya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru