Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Mentajai Desa Sumber Jaya Diduga Tercemar Aktivitas Perusahaan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 September 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Masyarakat Desa Sumber Jaya atau H5 Kecamatan Menthobi Raya, Kabupaten Lamandau, mengeluhkan kondisi air Sungai Mentajai yang diduga tercemar akibat aktivitas sebuah perusahaan di sana.

Air sungai yang selama ini menjadi sumber mata air di desa tersebut tak dapat lagi digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seperti biasa karena kondisinya keruh dan berwarna hitam.

"Kami kaget ketika tahu air sungai Mentajai kondisinya akhir-akhir ini sangat keruh pekat kehitam-hitaman. Padahal sungai ini menjadi salah satu sumber mata air yang dikonsumsi warga," kata Hadi Suwito, anggota BPD Desa Sumber Jaya, Rabu, 18 September 2019.

Hadi mengaku bingung mengingat kondisi air yang keruh dan pekat tersebut tak pernah ia jumpai di tahun-tahun sebelumnya. Sebaliknya, aliran air Sungai Mentajai yang tak pernah surut itu meskipun kemarau biasanya justru sangat bening dan dapat dikonsumsi oleh warga.

"Ikan-ikan saja pada mati. Mungkin selain keruh juga air ini mengandung racun," ujar Hadi sambil menunjuk puluhan ikan yang mati mengapung.

Suprapto, warga desa lainnya mengatakan, tercemarnya Sungai Mentajai agar segera diketahui penyebabnya.

"Kita ingin cari penyebab dan solusinya. Kami harap pihak perusahaan dapat memberi penjelasan. Apalagi kondisi saat ini air sungai kita tercemar bahkan beracun," katan mantan Kades Sumber Jaya itu.

Suprapto juga mengatakan, tercemarnya air Sungai Mentajai membuat masyarakat resah.

"Kami melalui Pemdes juga akan melaporkan kondisi ini kepada Dinas terkait," tukas dia. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru