Taman Nasional Sebangau Wilayah III Katingan Rentan Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 September 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kawasan Taman Nasional Sebangau wilayah III Kabupaten Katingan dinilai rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Penilaian ini disampaikan Kepala Seksi Pelayanan TN Sebangau wilayah III Katingan, Ferie Ariessandy, Kamis, 19 September 2019.

Menurutnya, kawasan TN Sebangau wilayah III Katingan ini memiliki luas 319 ribu hektare. Sejauh ini di Kalteng kawasan TN Sebangau itu terbagi di tiga wilayah, yakni Kabupaten Katingan, Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau. Namun kawasan paling luas berada di Kabupaten Katingan.

"Untuk kasus kebakaran kemarin baik di wilayah resort Mendawai dan resort Baun Bango itu kita mengakui kecolongan, sebab saat itu tiga hari tidak bisa terpantau oleh satelit karena kabut asap tebal," kata Fere Ariessandy.

Untuk kebakaran di wilayah resort Baun Bango seluas sekitar 4 hektare sudah berhasil dipadamkan oleh pihaknya bersama tim Manggala Agni.
Ferie mengaku semua kawasan di wilayahnya dinilai rentan terjadi kebakaran. 

Pasalnya, kawasan yang ada semuanya terdiri dari lahan gambut tebal. Pihaknya mengaku sudah jauh-jauh hari sebelum kemarau telah memberikan sosialisasi pencegahan kebakaran lahan dan hutan kepada masyarakat, terutama di DAS Katingan.

"Masyarakat di sepanjang DAS Katingan cukup membantu, dan mereka juga menjaga agar wilayahnya tidak terbakar," katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi kepada pihak WWF sebagai mitra kerja yang selalu membantu dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini.
"WWF juga ikut menjaga kawasan TN Sebangau agar tidak terjadi kebakaran," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-2).

Berita Terbaru