Gubernur Kalteng Minta Semua Elemen Bersinergi Cegah dan Tanggulangi Karhutla

  • Oleh Uriutu
  • 21 September 2019 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta semua elemen baik jajaran Pemerintah, TNI, Polri, masyarakat dan dunia usaha bersinergi mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Gubernur mengatakan, saat ini bahwa situasi terakhir Kalteng akibat kebakaran hutan, lahan dan pekarangan menyebabkan kabut asap yang berdampak terganggunya transportasi udara dan sekolah diliburkan. Serta jumlah penderita ISPA meningkat disejumlah kabupaten.   

Sebagaimana amanat Undang-undang, lanjut dia, bahwa penanggulangan bencana kebakaran merupakan urusan bersama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

“Untuk itu saya meminta kepada semua jajaran pemerintah, TNI, POLRI, masyarakat dan Dunia Usaha, mari kita bersinergi dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan, lahan dan pekarangan,” kata Sugianto Sabran kepada Borneonews, Sabtu, 21 September 2019.

Menurutnya, apabila Pemkab Barsel sudah menetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan dan kondisi cuaca tetap ektrim, segera tetapkan Status Darurat Bencana agar mendapat kemudahan akses. 

Optimalkan peran tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, relawan, organisaai masyarakat, organisaai non pemerintah dalam pencegahan dan pemadaman dini.

Intensifkan patroli, sosialisasi, penyadartahuan, dan berbagai langkah-langkah pencegahan, deteksi dini, pemadaman dini kebakaran hutan dan lahan.

“Segera bentuk satgasnya dan aktifkan posko, bentuk pos-pos lapangan pada desa rawan kebakaran hutan dan lahan,” pinta dia. (URIUTU DJAPER/B-5/ADV)

Berita Terbaru