Ketua DPRD Kotim Pastikan Tidak Ada Anggota Dewan Jadi Boneka Eksekutif

  • Oleh Naco
  • 22 September 2019 - 12:24 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Sementara DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun berharap agar anggota DPRD Kotim ini lebih semangat dan bisa mempertahankan tradisi lembaga yang selalu kritis dan aktif, itu untuk menjawab tudingan mahasiswa kalau sebagian anggota dewan yang duduk bonekanya eksekutif.

"Saya sampaikan kepada mahasiwa saat hearing beberapa waktu lalu dan saya jamin tidak ada anggota dewan saat ini bonekanya eksekutif," kata Rimbun, Minggu, 22 September 2019.

Rimbun meminta sikap lembaga dipertahankan demi menjaga marwah DPRD terutama dalam pengawasan kebijakan eksekutif. Jika memang tidak sesuai harus ditentang.

"Kami tetap kritis tetap aktif dalam membela kepentingan orang banyak. Ketika masyarakat mengadu respon harus cepat dan jangan menunda-nunda penyelesaiannya, karena jika tidak kepercayaan masyarakat akan menurun," tegasnya

Rimbun mengakui saat ini DPRD Kotim mayoritas diisi oleh wajah baru. Sebagian besar masih dari kalangan muda. Salah satu catatan darinya yakni jadi legislator harus konsisten dengan prinsip dan cita-cita awal masuk ke lembaga tersebut.

Jangan sampai lembaga legislatif ini justru sangat mudah diatur dan dijadikan boneka. DPRD diberikan kewenangan undang-undang untuk bekerja dan mengawasi pemerintah.

"Kami sudah dibayar mahal menjadi wakil rakyat ini, jadi tidak ada alasan tidak membela kepentingan rakyat," tukas Rimbun.

Rimbun juga menekankan kepada proses legislasi yang masih jadi tunggakan. Hendaknya tim legislasi yang nanti akan dibentuk bisa aktif dan melanjutkan pekerjaan itu. (NACO/B-2)

Berita Terbaru