Kepala Kemenag Sebut Kerukunan Umat Beragama di Kapuas Tinggi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 September 2019 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Kemenag atau Kantor Kementerian Agama Kapuas Ahmad Bahruni menyebut, kerukunan umat beragama di kabupaten ini tergolong tinggi, sehingga kondisi daerah berjalan kondusif.

"Beberapa tahun terakhir kerukunan umat beragama di Kabupaten Kapuas tergolong tinggi, hal ini nampak pada persentase toleransi pada acara hari-hari besar keagamaan saling menghargai dan menghormati," ucap Bahruni, Rabu, 25 September 2019.

Lebih lanjut, Bahruni mengatakan Kementerian Agama bersama Lembaga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) terus berkoordinasi bersama dalam menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Kapuas untuk menciptakan suasana yang damai.

"Agar toleransi atar umat beragama meningkat, rasa aman bagi agama lain terjaga serta meminimalisir konflik yang mengatasnamakan agama," katanya.

Selain itu, dia mengatakan tanggungjawab dalam pembinaan kehidupan beragama tidak dapat semata-mata dipikulkan kepada pemerintah melainkan umat beragama itu sendirilah yang pertama-tama dan terutama harus memikul tanggungjawab bersama-sama.

"Pemerintah lebih banyak berperan sebagai kekutan penunjang sedangkan lembaga dan masyarakat menjadi pondasi utama dalam menjaga kerukunan umat beragama terutama di Kabupaten kapuas," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru