150 Personel Polres Barito Selatan Siap Amankan Pilkades Serentak

  • Oleh Uriutu
  • 26 September 2019 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sebanyak 150 personel Polres Barito Selatan siap mengamankan pemilihan kepala desa atau pilkades serentak 2019.

Kapolres Barito Selatan AKBP Wahid Kurniawan mengatakan, tahapan pilkades serentak dimulai Jumat, 27 September 2019. Dengan agenda masa kampanye yang dilaksanakan selama tiga hari atau sampai 29 September 2019.

“Dalam agenda pilkades serentak ini kita mengamankan 128 tempat pemungutan suara atau TPS dari 62 desa yang melaksanakan pilkades serantak,” kata Wahid Kurniawan.

Untuk memaksimalkan pemungutan suara, lanjut dia, pihaknya menurunkan 150 personel demi menjamin kemananan, ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pilkades.

Menurut Kapolres, jika nanti muncul kerawanan dalam pilkades, dirinya akan meminta BKO dari Polda Kalimantan Tengah.

Ia pun menekankan beberapa poin yang harus dipedomani dan dilaksanakan dalam rangka pengamanan pilkades. Di antaranya, memperkuat soliditas dan sinergitas TNI-Polri dengan pemangku kepentingan lain untuk mewujudkan pilkades aman, damai dan lancar.

Menjaga netralitas, serta menghindari tindakan yang bisa mencederai netralitas dalam penyelenggaraan setiap tahapan pilkades.

Mendorong semua elemen, baik DSPMD sebagai panitia pelaksana tingkat kabupaten, panitia tingkat desa, calon kades, massa pendukung, tokoh masyarakat dan pengawas pilkades untuk melaksanakan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Serta melakukan penegakkan hukum secara  profesional dan proporsional untuk menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat  yang kondusif,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru