RSUD Pulang Pisau Gratiskan Biaya Pengobatan Pasien Penderita Leukositosis

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 27 September 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Pulang Pisau menggratiskan biaya pengobatan pasien penderita penyakit leukositosis atau kelebihan sel darah putih. Hal itu karena orang tua yang bersangkutan berasal dari keluarga tidak mampu. 

Plt Direktur RSUD Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, sebelumnya pasien leukositosis itu dirawat di Puskesmas Kahayan Hilir. Karena terlalu parah, akhirnya dirujuk ke RSUD Pulang Pisau. 

"Orang tua yang bersangkutan itu sempat enggan merawat kedua putrinya berobat karena mengaku tak ada biaya," kata Muliyanto, Jumat, 27 September 2019. 

Ia menambahkan, saat di RSUD orang tua korban juga sempat hendak membawa anaknya pulang. Namun kami tak biarkan karena kondisi anaknya memang perlu mendapat perawatan. 

"Salah satu pasien leukositosis yang meninggal itu karena memang tak sempat dirawat intensif. Meninggal saat dirujuk dari Puskesmas ke IGD RSUD," beber Mul. 

Lanjut Mul, orang tua korban memang keluarga kurang mampu. Jadi semua biaya pengobatannya akan digratiskan. 

"Bapak bupati juga sudah kami laporkan masalah ini dan beliau meminta agar pasien yang bersangkutan dibantu," ucap Muliyanto. (M.BADARUDIN/B-2)

Berita Terbaru