Ikan Nila mulai Langka di Kasongan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 September 2019 - 21:28 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejak beberapa hari terakhir ikan nila mulai langka di Kota Kasongan, Kabupaten Katingan. Bahkan pada Minggu, 29 September 2019, sejumlah warung di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta Kasongan tidak lagi menjual ikan yang memiki rasa enak dan gurih itu.

"Tadi keliling-keliling di warung dan kios penjual ikan, tapi ikan yang kita cari jenis nila enggak dapat. Ini baru dapat di Pasar Hurung komplek Pelabuhan Hurung. Itupun ikannya kecil-kecil," kata Yana, warga Kasongan.

Sementara itu, Yusi, pedagang ikan di Jalan Soekarno - Hatta Kasongan mengakui jika sejak beberapa hari terakhir stok ikan nila terbatas.

"Pasokan ikan nila sejak beberapa hari ini terbatas, sehingga belum tengah hari ikan nila sudah habis terjual," katanya.

Langkanya ikan nila di Kasongan disebabkan saat ini banyak pemilik keramba berhenti membudidayakan ikan itu lantaran air Sungai Katingan surut akibat musim kemarau.

Selain itu, banyak ikan nila di keramba mati akibat kondisi air sugai yang keruh. Faktor lainnya karena hasil budidaya ikan keramba dari Kasongan dan sekitarnya banyak dikirim atau dijual ke daerah lain seperti Sampit, Palangka Raya, dan Banjarmasin.

"Langkanya ikan jenis nila sejak beberapa hari ini karena banyak pemilik keramba belum bisa menabur benih ikannya karena khawatir mati air surut," kata Pajri, warga Kasongan.

Irul, seorang pemilik keramba ikan di Kasongan mengatakan bahwa saat ini kondisi air Sungai Katingan masih dangkal meski sebelumnya terjadi dua kali hujan lebat.

Irul memiliki 6 keramba yang semuanya kosong setelah dipanen dua bulan lalu. "Kita belum berani menabur benih ikan dulu sekarang karena kondisi air sungai masih surut," katanya. (ABDUL GOFUR/B-3

Berita Terbaru