Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tak Ada Lahan Astra Agro Lestari Terdampak Karhutla

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 30 September 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) menyatakan lahan milik mereka tidak terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan.

Perusahaan dengan kode emiten AALI ini memiliki lahan seluas 104.593 hektare (ha) di Sumatera dan 129.812 ha di Kalimantan.

"Sejauh ini, kebun perseroan belum terkena dampak karhutla. Untuk kebun-kebun kami di Sumatera, sampai saat ini tidak ada titik api walaupun di sekitar kebun ada beberapa titik api yang muncul," kata Presiden Direktur Astra Agro Lestari, Santosa, di Jakarta, baru-baru ini.

Namun, kerja sama dengan Masyarakat Peduli Api, Pemerintah Daerah (Pemda), dan instansi terkait lainnya dapat memadamkan api.

Lebih lanjut, kebakaran dapat berdampak bagi tanaman dalam jangka menengah. Apalagi, musim kemarau masih terus berlangsung meskipun sudah memasuki September 2019.

"Untuk produksi, semoga tidak terlalu terganggu pada kuartal III tahun ini, ada dampak tapi mestinya tidak terlalu material. Dalam jangka menengah, karena cuaca kering yang relatif lebih panjang, tentu akan ada dampak 6 bulan hingga  12 bulan ke depan," papar Santosa.

Pada kuartal terakhir, AALI bakal melakukan sensus tanaman untuk memastikan efek kekeringan dan karhutla. Sepanjang tahun ini, anak usaha Astra Group itu menargetkan produksi sebesar 1,8 juta ton CPO. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru