Penderita ISPA Terbanyak di Palangka Raya

  • Oleh Agus Priyono
  • 30 September 2019 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA cukup tinggi dalam dua bulan terakhir terbilang tinggi, dan jumlah tertinggi dipegang oleh Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul mengatakan jika dalam dua bulan terakhir, yakni Agustus hinggan September 2019, jumlah penderita ISPA di Kota Palangka Raya mencapai 5.905 orang.

"Jumlah Palangka Raya terbanyak, dalam dua bulan ini kami mencatat sudah lebih dari 5000 orang. Itu jumlah yang sangat banyak mendekati 6000 orang," ujar Suyuti, Senin, 30 September 2019.

Ia menambahkan, meski jumlah penderita ISPA di Kota Palangka cukup banyak. Namun pihaknya tetap berupaya untuk menekan angka ISPA tersebut dengan memfungsikan beberapa rumah oksigen dan mobil oksigen.

Saat ini di Kota Palangka Raya terdapat 12 rumah oksigen yang sudah beroperasi. Sedangkan untuk mobil oksigen yang bisa digunakan masyarakat sebanyak dua unit.

"Kalau dari data yang kami terima jumlah rumah oksigen yang ada di palangka itu 12 unit. Dan itu tentu bisa digunakan masyarakat umum dengan gratis tentunya," pungkasnya. (AGUS/B-5)

Berita Terbaru