Peningkatan Wisatawan Dongkrak Pertumbuhan Hotel di Kalteng

  • Oleh Budi Yulianto
  • 02 Oktober 2019 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peningkatan wisatawan mendongkrak pertumbuhan perhotelan di Kalimantan Tengah. Ini tidak lepas dari banyaknya event yang digelar Pemerintah Provinsi Kalteng hingga mampu menyedot perhatian di tingkat dunia. 

"Jumlah kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun nusantara dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Seiring dengan itu, maka pemerintah Provinsi Kalteng melakukan percepatan pembangunan pada usaha perhotelan baik yang berbintang maupun non bintang," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Sekda Kalteng Fahrizal Fitri.

Ia menuturkan, sektor pariwisata yang tersebar di 13 kabupaten dan 1 kota juga menjadi bagian dalam menggali pendapatan dan pertumbuhan ekonomi. Ada beberapa event kepariwisataan yang masuk dalam Calender of Event (CoE) 2019. 

Di antaranya, Festival Budaya Isen Mulang dan Festival Babukung. Kemudian 181 masuk dalam Kalender Event Provinsi Kalteng, 13 kabupaten dan 1 kota. Juga ada 2 Kalender Event Dunia. 

Sekda menambahkan, peningkatan dunia perhotelan yang sangat menggembirakan itu terjadi pada 3 tahun terakhir. Hal itu dilihat dari jumlah hotel yang ada. Oleh sebab itu, ia menyebut patut berbangga terlebih lagi menerapkan nama dan ornamen daerah yang merupakan ciri khas Kalteng.

Hal tersebut disampaikan gubernur melalui sekda dalam kegiatan peresmian hotel di Palangka Raya, Senin, 1 Oktober 2019 malam. Hotel itu diresmikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Turut hadir Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. 

"Saya berharap, Kalteng kedepannya dapat dukungan pengembangan kepariwisataan agar lebih maju dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan pertumbuhan perekonomian di Kalteng dan pendapatan asli daerah (PAD)," tutur sekda. (BUDI YULIANTO/ADV/m)

Berita Terbaru