Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendekatan Konvergensi Perlu Dilakukan untuk Memfasilitasi Pencegahan Stunting

  • Oleh James Donny
  • 02 Oktober 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pendekatan konvergensi perlu dilakukan untuk memfasilitasi pencegahan stunting. Hal itu dikatakan Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Sekretariat Daerah Pulang Pisau Susilo I Tamin saat mewakili Bupati membuka sosialisasi konvergensi pencegahan stunting di desa, Rabu, 2 Oktober 2019.

"Pendekatan konvergensi pencegahan stunting yang dilakukan salah satunya melalui pengembangan sumber daya manusia di desa," kata Susilo dalam sambutannya pada acara yang berlangsung di aula Bappedalitbang Pulang Pisau.

Pengembangan sumber daya tersebut yakni melalui peningkatan kapasitas kader dan pembangunan manusia atau KPM yang berasal dari kader di desa. 

"Kader pembangunan manusia diharapkan ke depannya dipilih dan ditetapkan minimal 1 orang per desa dapat berasal dari komponen guru PAUD, kader posyandu, dan kader pemberdayaan masyarakat," kata Susilo. 

Kader pembangunan manusia, menurutnya, berperan untuk mengajak partisipasi masyarakat dan lembaga dalam proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan pemantauan, serta berkoordinasi dengan pelaku program dan lembaga lainnya seperti bidan desa, petugas puskesmas, ahli gizi, sanitarian, guru PAUD, dan aparatur desa. 

Susilo menegaskan bahwa stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan. Hal itu menjadi program prioritas nasional yang dilakukan mulai dari pemerintah pusat hingga tingkat desa. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru