Kapolres Kotawaringin Timur terus Patroli Karhutla Meskipun Hujan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Oktober 2019 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Mohammad Rommel terus melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla meskipun di Sampit dan sekitarnya sudah hujan. 

"Kami terus melakukan patroli Karhutla, meskipun saat ini di Sampit sudah turun hujan," ujar Rommel, kepada wartawan Rabu, 2 Oktober 2019. 

Hal tersebut dilakukan, guna memastikan agar tidak adalagi lahan yang masih terbakar. Baik itu yang hanya terlihat kepulan asap atau api kecil. Karena jika dibiarkan, keadaan seperti itu akan membuat kebakaran lahan semakin besar, jika dalam beberapa hari kedepan tidak ada hujan. 

"Kami harus memastikan apakah di lokasi kebakaran lahan benar-benar padam dengan adanya hujan ini. Sehingga patroli terus kami giatkan," kata Rommel. 

Tidak hanya melakukan patroli saja, polisi juga terus berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat di daerah ini. Agar tidak lagi membakar lahan. Atau membakar sampah di dekat lahan mereka. Karena hal itu bisa menimbulkan kebakaran lahan. 

Bahkan sejunlah petani di Kotim yang sedang membuka lahannya juga sempat diberikan bimbingan, agar tidak membakas sampah di areal gambut. Karena hal itu bisa membakar gambut yang ada di bawah. 

"Kami tidak ingin kabut asap kembali terjadi setelah hujan tidak mengguyur daerah ini. Sehingga langkah-langkah tersebut yang kami jalankan," terang Rommel. 

Sementara, dalam beberapa bulan terakhir, pihaknya sudah melakukan penindakan terhadap pelaku pembakar lahan. Bahkan sudah ada yang dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kotim. Selain itu, penyelidikan terhadap perusahan besar swasta (PBS) juga dilakukan, karena lahan mereka ada yang terbakar. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru