Bupati Pulang Pisau Paparkan Penanggulangan Kesehatan Akibat Karhutla dalam Kegiatan Kementerian Kesehatan

  • Oleh James Donny
  • 03 Oktober 2019 - 14:48 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo memberikan paparan  mengenai penanggulangan kesehatan akibat kebakaran hutan dan lahan atau karhutla, saat menghadiri koordinasi penanggulangan krisis kesehatan akibat karhutla yang digelar Kementerian Kesehatan di Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau Muliyanto Budihardjo yang ikut mendampingi Bupati mengatakan, dalam acara tersebut ada beberapa hal yang disampaikan Bupati terkait upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten.

"Dalam  kegiatan itu Bupati menyampaikan terkait peranan untuk menurunkan angka kesakitan atau mitigasi pada bencana kabut asap akibat karhutla," kata Muliyanto, Kamis, 3 Oktober 2019.

Upaya yang dilakukan Pemkab Pulang Pisau di antaranya pengadaan masker, obat-obatan yang cukup, penyuluhan kepada masyarakat ketika ada kabut asap, serta untuk peningkatan pola hidup sehat selama musim kemarau dan bencana kabut asap.

Dalam kegiatan itu, Bupati juga menjelaskan kontingensi terkait dengan simulasi yang dilakukan. Pemkab Pulang Pisau, katanya, pernah melaksanakan gerakan pencegahan masyarakat terpapar asap. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru