Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Uang Suap Proyek SPAM Sampai Ke Anak Auditor BPK

  • Oleh Inilah.com
  • 04 Oktober 2019 - 13:00 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus adanya dugaan uang suap proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) KemenPUPR yang mengalir ke anak auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rizal Djalil (RIZ), Dipo Nurhadi Ilham.

Dugaan aliran uang suap tersebut terungkap setelah penyidik memeriksa Dipo Nurhadi Ilham, pada hari ini. Dipo diperiksa sebagai saksi untuk dua tersangka sekaligus yakni Rizal Djalil dan Komisaris PT Minarta Dutahutama Leonardo Jusminta Prasetyo (LJP).

"KPK mendalami pengetahuan saksi terkait dugaan aliran dana dari LJP ke RIZ, termasuk kepada salah satu saksi yang merupakan anak tersangka," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya.

KPK sendiri menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga saksi dalam kasus ini. Tapi, ada satu saksi yang tidak hadir alias mangkir pada pemeriksaan kali ini. Satu saksi tersebut yakni karyawan swasta Columbanus Priaardanto alias Danto.

"Belum diperoleh informasi ketidakhadiran yang bersangkutan," ucap Febri.

KPK telah menetapkan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rizal Djalil dan Komisaris PT Minarta Dutahutama, Leonardo Jusminarta sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan suap terkait proyek SPAM di KemenPUPR.

Rizal diduga menerima suap dari Leonardo dengan total nilai 100.000 dolar Singapura pecahan 1.000 dolar Singapura. Uang tersebut diserahkan Leonardo kepada Rizal melalui salah satu pihak keluarga.

Uang tersebut diduga berkaitan dengan proyek Jaringan Distribusi Utama (JDU) Hongaria dengan pagu anggaran Rp79,27 miliar. Rizal disinyalir meminta proyek tersebut kepada petinggi SPAM KemenPUPR untuk kemudian dikerjakan proyek oleh perusahaan Leonardo. (INILAH.COM/B-11)

Berita Terbaru