Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nilai Budaya Tradisional Islami Indonesia Perlu Dibina dan Dikembangkan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Oktober 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ketua DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia atau Lasqi Kaupaten Katingan, Endang Susilawatie mengatakan, nilai seni budaya Islami Indonesia perlu dibina dan dikembangkan.

"Ini untuk memperkuat kepribadian bangsa atas dasar norma-norma pancasila serta didorong oleh nilai-nilai akhlakul karimah," kata Endang Susilawati pada pembukaan Festival Seni Qasidah Katingan di Tumbang Samba, Jumat, 4 Oktober 2019 malam.

Sesuai dengan perkembangan zaman, diperlukan eksistensi sebuah lembaga yang memberikan sumbangsih dan kontribusi dalam syiar Islam, untuk menyelamatkan dan membentengi pengaruh budaya serta tatanan kehidupan yang tidak terarah pada ketentuan ajaran agama Islam.

Dia menambahkan, Lembaga Seni Qasidah Indonesia memberikan suasana kehidupan dengan peranan di bidang kesenian, dalam bentuk seni qasidah, sebagai wujud menjunjung tinggi dan tetap mengutamakan etika Islami.

"Seni qasidah merupakan seni budaya tradisional yang mempunyai ciri-ciri khas Islami, yang berkembang dan beradaptasi dengan musik daerah nusantara," katanya.

Dengan terselenggaranya kegiatan Festival Seni Qasidah ini, Endang berharap dapat mempererat ukhuwah Islamiyah dan terlestarikannya kreasi seni budaya pesisir yang berkolaborasi dengan budaya daerah. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru