Tak Usah ke Apotek, Ini 9 Bahan Alami Obat Panas Dalam

  • Oleh Tempo.co
  • 08 Oktober 2019 - 15:02 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Terbangun dengan rasa sakit saat menelan adalah hal yang tidak diharapkan. Panas dalam terjadi ketika tubuh merespon infeksi sehingga ada peradangan pada rongga tenggorokan. Obat panas dalam tidak harus obat medis, bisa juga obat dari bahan-bahan alami.

Beberapa obat panas dalam alami berikut ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Jika sudah menemukan yang cocok sebagai obat panas dalam andalan, Anda bisa meminumnya setiap merasa kurang enak badan.

Membuat obat panas dalam alami sangat mudah. Mengonsumsinya pun bisa dengan merebus dan minum ekstraknya, atau sekadar untuk berkumur beberapa kali dalam sehari. Dari beberapa pilihan obat panas dalam alami berikut ini, yang mana favorit Anda?

1. Cuka apel

Sejak berabad silam, cuka apel adalah salah satu campuran obat tradisional. Kandungan asam asetat di dalamnya sangat ampuh dalam menangkal bakteri penyebab penyakit. Bahkan sejak zaman Yunani kuno, cuka apel telah diresepkan sebagai salah satu obat panas dalam alami sekaligus mengatasi gejala flu dan batuk. Anda bisa juga menjajalnya dengan meminum segelas air hangat dan 1 sendok makan cuka apel. Tambahkan madu jika ingin rasanya lebih manis.

2. Berkumur air garam

Sama seperti obat sakit gigi alami, berkumur air garam juga membantu mengatasi keluhan panas dalam. Garam membantu mengikat cairan yang terkumpul di tenggorokan Anda. Tak hanya itu, air garam juga membantu membasmi mikroba tak diharapkan di tenggorokan. Anda bisa mengonsumsinya dengan mencampur segelas air hangat dengan 1 sendok teh garam. Berkumurlah selama kurang lebih 30 detik. Cara ini bisa diulang satu jam sekali.

3. Air lemon

Selain dikenal sebagai bahan utama infused water, air lemon juga bisa mengatasi panas dalam yang biasanya melanda mereka yang sakit flu atau batuk. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon akan meningkatkan jumlah produksi air liur sehingga membran mukosa akan terjaga kelembabannya. Anda bisa mencampur lemon dengan air hangat serta menambahkan madu. Ini adalah cara untuk memaksimalkan khasiat dari air lemon.

4. Jahe

Jahe juga merupakan rempah-rempah dengan kandungan antibakteri dan antiperadangan yang bisa menjadi obat panas dalam alami. Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak jahe yang dioleskan ke area tenggorokan penderita ISPA dapat membunuh beberapa bakteri penyebab penyakit. Anda bisa membuat teh jahe dengan merebusnya dengan air panas. Tambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa.

5. Minyak kelapa

Obat panas dalam alami berikutnya adalah minyak kelapa. Terbukti, minyak yang satu ini dapat mengatasi infeksi, meredakan peradangan, dan mengurangi rasa sakit akibat panas dalam. Tak hanya itu, minyak kelapa juga membantu membasahi membran mukosa di tenggorokan sehingga tidak terasa nyeri.

Tapi ingat, batasi konsumsi minyak kelapa tidak lebih dari 30 ml atau 2 sendok makan per harinya karena dosis tinggi dapat memicu konstipasi. Anda bisa menambahkan minyak kelapa pada teh, cokelat hangat, sup, atau langsung menelan 1 sendok minyak kelapa.

Berita Terbaru