RSUD Mas Amsyar Kasongan akan Dibangun 3 Tingkat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Oktober 2019 - 17:42 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - RSUD Mas Amsyar Kasongan akan dibangun menjadi tiga tingkat. Rencana ini dipastikan bakal segera terwujud.

Ini mengemuka saat pemaparan master plan oleh PT Pandu Persada terkait rencana pengembangan RSUD Mas Amsyar Kasongan di ruang rapat bupati, Rabu 9 Oktober 2019.

Dalam paparan ini Bupati Katingan Sakarias dan Wakilnya Sunardi Litang serta Sekda Nikodemus juga hadir.

Sementara SOPD yang hadir adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hap Bapperdo, Kepala Dinas Perkimtan Krisolid Elbaart dan Direktur RSUD Mas Amsyar Kasongan, dr Agnes Nissa Paulina.

Perwakilan PT Pandu Persada, Juni dan Permadi secara bergantian menjelaskan rencana bangunan RSUD Mas Amsyar.

Menurut Juni, areal RSUD yang akan dikembangkan hanya memiliki luas areal kurang dari 2 hektare, sehingga pengembangannya vertikal tidak horizontal.

Karena ketersediaan areal minim, sehingga rumah sakit bakal dibangun bertingkat. Ketersediaan lahan parkir juga terbatas.

"RUSD Mas Amsyar Kasongan sebagai rumah sakit type C yang harapannya 10 tahun ke depan dikembangkan baik pelayanannya maupun fisik bangunan," tuturnya.

Sementara itu bupati menuturkan jika pihaknya memang dari awal tidak berencana membangun rumah sakit di lokasi yang baru, karena RSUD Mas Amsyar Kasongan yang berada di Jalan Tjilik Riwut ini dinilai cukup strategis, karena arealnya berada di tepi Jalan Trans Kalimantan.

Alasan bupati ngotot mengembangkan RSUD Mas Amsyar karena lokasi rumah sakit berada di tepi Jalan Trans Kalimantan.

"Lokasinya berada di perlintasan, kalau ada warga Kotim mau ke Palangka Raya atau sebaliknya pasti melewati Kasongan, bahkan beberapa waktu lalu ibu dari pak gubernur kita saat hendak ke Pangkalan Bun sempat dirawat di RSUD Mas Amsyar Kasongan setelah sebelumnya terjatuh di toilet saat berada di Kereng Pangi," katanya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru