Wali Kota Ajak Swasta Investasi Sektor Pariwisata

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 10 Oktober 2019 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengajak para investor untuk melirik dan mengembakan sektor pariwisata sebagai peluang usaha.

"Potensi  kepariwisataan harus mampu dioptimalkan seluas-luasnya oleh semua pihak. Baik masyarakat maupun pihak swasta itu sendiri. Terlebih bila dilakukan dalam bentuk investasi," ujar Fairid, Kamis 10 Oktober 2019.

Dia menyebut tanpa keterlibatan banyak pihak, termasuk investor, maka  perkembangan wisata di Palangka Raya tidak akan tumbuh signifikan, karena pemerintah daerah hanya sebagai fasilitator dan memiliki keterbatasan.

“Pemerintah daerah sejatinya hanya sebagai fasilitator, sementara dalam pengembangannya tentu tidak lepas dari peran pihak swasta atau pelaku kepariwisataan dalam mengemasnya,” ungkapnya.

Menurut Fairid, keterlibatan pihak swasta baik itu pelaku pariwisata maupun investor dalam bisa dimulai dari menggali dan mengelola potensi pariwisata yang hingga kini belum bisa dilakukan secara maksimal.

“Pemerintah daerah tentu ada keterbatasan, terutama dalam menyelenggarakan infrastruktur pendukung. Maka itulah peran investor atau swasta diperlukan untuk berinvestasi dalam membangun sektor pariwisata ini,” ujarnya. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru