Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Sukamara Tindaklanjuti Fenomena Air Sungai Jelai Hijau Kebiruan

  • Oleh Norhasanah
  • 11 Oktober 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukamara telah menindaklanjuti fenomena perubahan air Sungai Jelai yang yang menjadi hijau kebiruan dalam beberapa hari terakhir ini.

"Masalah ini sudah kita tindaklanjuti," ucap Kepala DLH Sukamara, Rendy Lesmana, Jumat 11 Oktober 2019.

Pihaknya telah menurunkan tim pengaduan dugaan kerusakan lingkungan untuk mengambil sampel air, sehingga bisa diketahui penyebab air sungai berubah menjadi bening dan berwarna seperti hijau kebiruan.

"Kami juga sudah mengambil sampel air dibeberapa titik termasuk di wilayah Jambi, walau Jambi bukan wilayah kita, tapi yang merasakan dampak langsung adalah masyarakat kita," ujarnya.

Rendy menambahkan kasus serupa juga pernah terjadi di 2017. Saat itu kondisi air yang berubah juga menyebabkan banyak ikan sungai dan keramba milik warga mati.

Diketahui, akibat perubahan air Sungai Jelai menyebabkan banyak petani keramba merugi bahkan kerugian yang ditanggung mencapai ratusan juta.

"Pada 2016 saya sempat rugi hampir Rp 120 juta, itu kerugian yang terbesar akibat perubahan warna air ini, jumlah kerugian juga belum bisa tergantikan hingga sekarang," tuturnya.

Lamran berharap agar kondisi air bisa kembali normal, sehingga kerugian yang ditanggungnya tidak semakin besar. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru