Wakil Bupati Kotim: 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak Jadi Masa Paling Penting Atasi Stunting

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Oktober 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - 1.000 hari pertama kehidupan anak menjadi masa paling penting dalam mengatasi masalah stunting, sehingga hal ini yang terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) agar kasus stunting mengalami penurunan.

"1.000 hari pertama kehidupan anak menjadi masa paling penting dalam mengatasi masalah stunting," ujar Wakil Bupati Kotim, Taufiq Mukri, Jumat 11 Oktober 2019.

Dia menyebut pengasuhan anak pada 1.000 hari pertama kelahiran sangat penting. Hal itu harus dipahami oleh orang tua.

Sehingga mereka bisa lebih masksimal dalam mengasuh anaknya, baik dalam memberikan asupan makanan bergizi, maupun lingkungan sehat dan sanitasi yang baik.

"Tiga hal tersebut merupakan faktor utama dalam mengatasi stunting di daerah ini," katanya.

Stunting di Kotim ini masih sangat tinggi, bahkan dari data dari organisasi kesehatan dunia WHO beberapa waktu lalu, stunting di Kotim mencapai 35 persen.

Sehingga jika dihitung dari perbandingan 10 orang, maka ada 3 orang yang mengalami stunting, sedangkan standar WHO paling tidak 20 persen.

Kondisi inilah yang membuat Kotim menjadi prioritas penanganan stunting dari 160 kabupaten yang ada di Indonesia dan hal itu juga harus ditanggulangi pemerintah daerah.

"Jadi kami akan terus berupaya untuk menanggulangi stunting di daerah ini, terutama memberikan asupan gizi anak dalam 1.000 hari pertama kehidupan (HPK)," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru