Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stakeholder Bidang Perpustakaan Miliki Peranan Penting dalam Pengembangan Literasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Oktober 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional atau Perpusnas Republik Indonesia, Deni Kurniadi, mengatakan bahwa stakeholder bidang perpustakaan baik di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten, mempunyai peranan penting dalam pengembangan literasi.

"Sasaran dari program revitalisasi perpustakaan ini tidak hanya diarahkan kepada anak sekolah, tapi masyarakat secara umum. Seperti pemuda, perempuan, dan juga pelaku usaha mikro/kecil. Termasuk juga kelompok marginal lain yaitu penyandang disabilitas sebagai upaya untuk pemberdayaan dan dapat meningkatkan produktivitas," kata Deni, Jumat, 11 Oktober 2019.

Ia menyampaikan hal itu dalam kegiatan sosialisasi pengembangan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya pada Kamis-Jumat, 10-11 Oktober 2019.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalimantan Tengah, Susana Ria Aden, mengatakan bahwa perpustakaan sangat bisa untuk lebih banyak berbuat daripada sekadar tempat membaca, meminjam buku, dan mengerjakan tugas.

"Apalagi di era digital seperti sekarang ini, akses terhadap informasi jadi lebih mudah didapat melalui komputer atau telepon pintar yang bisa terhubung melalui internet," jelasnya.

Karena itulah Ria Aden menganggap bahwa perlu adanya tindakan revitalisasi perpustakaan di tingkat kabupaten/kota, bahkan desa untuk mengubah paradigma tersebut. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru