Pembina Pramuka Harus Update Informasi

  • Oleh James Donny
  • 12 Oktober 2019 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pembina pramuka harus update informasi. Demikian diharapkan Ketua Kwartir Daerah Pramuka Kalimantan Tengah, Ibnu Elmi AS Pelu usai membuka Pitaran Pelatih Tingkat Kalimantan Tengan Tahun 2019 yang dilaksanakan di Pulang Pisau 11 - 13 Oktober 2019.

Dilaksanakan Pitaran Pelatih tersebut diharapkan dapat menjadi sarana dalam menyalurkan informasi terbaru terkait kepramukaan kepada pembina pramuka. "Pitaran penting dilakukan agar pembina pramuka nanti mendapat informasi-informasi terbaru," kata Ibnu. 

Melalui kegiatan Pitaran Pelatih tersebut para pelatih dapat melakukan sharing terkait dengan kompetensi dan keilmuan dalam hal pelatihan dan metodeloginya. "Kemudian juga sebagai agreed dalam rangka mengupdate tingkat kemampuan seorang pelatih sesuai dengan perubahan yang ada saat ini," katanya. 

Dia mengatakan ada beberapa hal yang perlu ditransformasi, terkait dengan persoalan bangsa ini, dan ini merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh pramuka. "Hal-hal apa saja yang perlu ditransformasi, yakni yang menyangkut persoalan kebangsaan misalnya contoh terkait disintegrasi bangsa, intoleransi, radikalisme, ini harus menjadi materi pembaruan sebagai seorang pelatih," terang Ibnu. 

Dia mengatakan Pramuka ini sebagai pendidikan non formal dalam rangka memberikan wawasan kepribadian, akhlak, dan wawasan kebangsaan. "Dengan ilmu yang diberikan ini saya yakin anggota Pramuka tidak ada yang terpapar radikalisme," ujarnya. 

Menurutnya dunia kepramukaan ini harus menonjolkan pembentukan mental, dan karakternya harus jauh dari persoalan-persoalan yang merusak nasionalisme. (JAMES DONNY/B-5) 

Berita Terbaru