Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tinggal 5 Puskesmas Belum Terakreditasi di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 15 Oktober 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara terus berupaya untuk menjadikan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat dengan maksimal. Salah satu penilaian terhadap pelayanan kepada masyarakat dilakukan dengan program akreditasi baik dari RSUD Muara Teweh hingga puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara melalui Kepala Bidang Pelayanan Sumber Daya Kesehatan (PSDK), Pariadi AR, Selasa 15 Oktober 2019 mengungkapkan dari 16 puskesmas hanya tinggal 5 puskesmas yang belum terakreditasi.

Pariadi menyampaikan 5 puskesmas yang belum terakreditasi hanya menunggu giliran untuk dilakukan proses penilian dari tim surveyor akreditasi. “Jadi hampir 70 persen puskesmas yang ada di Kabupaten Barito Utara telah terakreditasi,” ujarnya.

Dikatakan, dalam akreditasi ini juga ada tingkatannya, yakni dari dasar, madya, utama dan paripurna. Dari 11 Puskesmas yang telah terakreditasi, Puskesmas Muara Teweh mendapatkan hasil Akreditasi Utama.

Untuk 10 puskesmas lainnya masih  mendapatkan hasil akreditasi dasar dan madya. “Masih belum ada Puskesmas di Kabupaten Barito Utara yang mendapatkan hasil Akreditasi Paripurna, namun kami akan tetap berusaha untuk mencapai penialaian tersebut,” terangnya.

Dikatakan, dalam waktu minggu ini ada dua puskesmas yang akan dilakukan penilaian akreditasi yakni Puskesmas Tumpung Laung dan Benao.

Sementara yang belum dilakukan penilaian akreditasi yakni Puskesmas Mampuak, Puskesmas batu Raya dan Puskesmas Lahei II. 

“Jadi 5 puskesmas tersebut pada tahun ini juga akan dilakukan penilaian akreditasi. Karena pada tahun 2020 apabila Puskesmas tersebut tidak terakreditasi maka dianggap tidak kompeten untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru