Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketahanan Pangan Diharapkan Ikut Menekan Angka Stunting di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Oktober 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketahanan pangan di Kabupaten Barito Timur diharapkan dapat ikut menekan angka stunting di daerah tersebut.

Demikian dikatakan Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas saat rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Barito Timur di Aula Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur, Selasa 15 Oktober 2019.

"Dengan pemenuhan kebutuhan pangan di setiap rumah tangga maupun individu serta dapat diakses dengan mudah baik secara fisik, ekonomi dan sosial, diharapkan akan menekan jumlah angka stunting sehingga akan mewujudkan masyarakat Bartim sehat dan produktif," kata Ampera.

Stunting merupakan kondisi dimana tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan ideal anak seusianya.

Stunting terjadi akibat kekurangan gizi kronis dengan ditandai kegagalan pertumbuhan yang dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia dua tahun.

Kekurangan gizi tersebut bukan saja menghambat pertumbuhan tinggi badan, namun juga berdampak pada perkembangan otak, rendahnya kemampuan kognitif anak yang akan mempengaruhi prestasi di sekolah.

Sehubungan dengan itu, menurut Ampera, masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan oleh Dewan Pangan Barito Timur, termasuk pengawasan bahan pangan segar, kesehatan produk pangan, bahkan bahan-bahan tambahan pangan, untuk memastikan asupan gizi yang dikonsumsi masyarakat Barito Timur. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru