Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Titik Api di Kabupaten Katingan Dilaporkan Nihil

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 Oktober 2019 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Titik api di wilayah Kabupaten Katingan saat ini dilaporkan nihil. Hilangnya titik api tidak lepas dari hujan yang beberapa kali turun dalam tiga hari terakhir.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama, Kamis, 17 Oktober, mengatakan dalam tiga hari terakhir sudah tidak ada lagi titik api.

Namun demikian, BPBD tetap siaga terhadap kemungkinan terjadianya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla dalam beberapa hari ke depan.

"Seperti yang terjadi pada akhir Agustus lalu. Saat itu ada hujan dua hari berturut-turut, tapi kemudian hujan tidak lagi mengguyur hingga menyebabkan kebakaran lahan di sejumlah wilayah," katanya.

Untuk itu, BPBD enggan gegabah dengan mencabut status siaga darurat karhutla lebih awal.

"Status siaga darurat karhutla ditetapkan hingga akhir Oktober 2019. Ssebab dari prakiraan pihak BMKG, saat ini sudah memasuki musim penghujan, namun tidak setiap hari," katanya.

Akhmad Rubama menuturkan, hilangnya titik api menyebabkan cuaca di Kabupaten Katingan, khususnya Kota Kasongan, kembali bersih tanpa kabut asap.

Ia mengatakan, dampak kebakaran hutan dan lahan menyebabkan ratusan hektare lahan di Katingan terbakar. Selain lahan juga ada hutan yang terbakar.

Umumnya lahan dan hutan yang terbakar berada di lokasi yang sulit dijangkau dan sulitnya mendapatkan sumber air.

"Kalau kendala pemadaman karhutla kemarin itu karena selain lokasi yang terbakar sulit dijangkau juga karena keterbatasan sumber air. Rata-rata yang terbakar berada di tengah hutan," sebut Akhmad Rubama. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru