Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Perluas Areal Kopi Rakyat 36 Hektare

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Oktober 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pada tahun anggaran 2019, Dinas Peratanian Barito Timur melaksanakan Program Perluasan Areal Tanam Kopi Rakyat seluas total 36 hektare yang terbagi di tiga desa di Kabupaten Barito Timur.

Desa yang masuk dalam Program tersebut yakni Desa Tewah Pupuh Kecamatan Benua Lima, Desa Turan Amis Kecamatan Raren Batuah dan Desa Apar Batu Kecamatan Awang.

"Di setiap desa tersebut terdapat satu kelompok tani yang mengikuti Program," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur, Riza Rahmadi, usai membuka pelatihan teknik budidaya tanaman perkebunan kopi di aula kantor Desa Tewah Pupuh, selasa 22 Oktober 2019.

Lanjut Riza, kelompok tani dari Desa Tewah Pupuh terdiri dari 32 orang petani, Desa Turan Amis 27 orang dan Desa Apar Batu 14 orang petani.

Dalam program itu, petani-petani tersebut dibekali dengan pelatihan teknik budidaya tanaman kopi, kemudian diberikan bantuan bibit kopi robusta.

"Kopi robusta dipilih untuk dibudidayakan petani di tiga desa tersebut karena kopi robusta bisa tumbuh baik pada iklim tropis dan memiliki produktivitas yang paling tinggi," kata Riza.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur berharap, dengan keberhasilan budidaya kopi, akan menjadi alternatif sumber pendapatan baru bagi petani di tiga desa tersebut, selain dari tanaman karet. (AGUSTINUS BOLE MALO/m)

Berita Terbaru