Pemkab Kotawaringin Barat Tekankan Santri Harus Miliki Jiwa Kewirausahaan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 Oktober 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya mendukung pembangunan sumber daya manusia di seluruh lapisan masyarakat, Pemkab Kotawaringin Barat inginkan pengurus pondok pesantren dapat menanamkan jiwa kewirausahaan kepada santri.

Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah menyampaikan, pembangunan SDM merupakan program dari Visi dan Misinya selama menjabat sebagai kepala daerah. Oleh sebab itu, pembinaan keterampilan di Pondok Pesantren dapat diintregasikan dengan instansi teknis Pemda.

"Jadi sistem pembinaan keterampilan di Pondok pesantren dapat jalin kerjasama dengan instansi terkait, untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan para satriwan dan santriwati," jelasnya.

Bupati berharap, sumber daya manusia santri tidak hanya berakhlakul karimah, tetapi juga memiliki kompetensi yang memadai dan berdaya saing.

Selain itu juga, terkait dengan penguatan kemandirian ekonomi melalui pemberdayaan potensi ekonomi kreatif, Bupati mendorong agar pondok pesantren yang ada di kabupaten Kotawaringin Barat, dapat berperan aktif menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada para santri.

"Kita sama - sama memang saat ini berbagai event usaha mikro kecil menengah atau UMKM sedang kita gencar gencar kan sehingga dapat menjadi alternatif wisata baru di Kobar," tandasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru