Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada Bazaar Produk Unggulan Desa di Lokasi Pelantikan Kades Serentak

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 Oktober 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terdapat stand bazaar yang menjual produk unggulan desa di lokasi pelantikan kades untuk 43 desa, Jumat, 25 Oktober 2019.

Salah satu produk yang  menarik perhatian warga di lokasi tersebut adalah Stand PKK Desa Sebuai, Kecamatan Kumai.

Pasalnya produk olahan kelapa menjadi Virgin Coconut Oil (VCO) dan minuman yang menjadi produk andalan masyarakat desa tersebut.

Menurut Hadeliah, salah seorang warga Desa Sebuai di stand bazar tersebut ada 2 jenis cara pembuatan VCO yang dijual saat itu.

"Untuk memperoleh VCO ada  yang dimasak menggunakan api, ada juga yang difermentasi. Bila menggunakan cara pemasakan, kelapa tua yang sudah diparut dan menjadi santan kemudian dimasak hingga keluar minyak," jelasnya.

Sedangkan VCO dengan cara fermentasi tidak memerlukan cara pemasakan menggunakan api.

"Jadi setelah kepala tua diparut dan disaring menjadi santan, kemudian diendapkan hingga 15 jam lebih hingga keluar minyaknya. Nah minyak tersebut bisa diambil dan kemudian dikemas," jelasnya.

Menurut Hadeliah, minyak kelapa yang dibuat dengan cara dimasak bisa digunakan untuk memasak, menggoreng ikan dan lainnya.

"Sedangkan VCO yang dibuat dengan cara diendapkan, minyaknya biasanya digunakan untuk kosmetik atau obat," jelas Hadeliah.

Hadeliah mengatakan, produk unggulan desanya tersebut sudah banyak dijual di Pangkalan Bun dan sekitarnya. "Selain masyarakat Kobar, produk VCO olahan kami ini juga sering dibeli oleh turis mancanegara," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru