Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Politeknik Sukamara untuk Persiapkan SDM

  • Oleh Norhasanah
  • 27 Oktober 2019 - 11:42 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio membeberkan alasan mengenai rencana pendirian politeknik di daerah ini. Salah satunya, sebagai upaya mempersiapkan SDM ke depannya.

"Berdasarkan data statistik dari Dinas Dikbud, anak SMA kita yang lulus setiap tahunnya itu mencapai ribuan," ucap Windu Subagio, Minggu, 27 Oktober 2019.

Dan dari jumlah tersebut, hanya sekitar 20 persen anak yang melanjutkan kuliah ke luar daerah. Sebagiannya memilih untuk bekerja, baik sebagai tenaga kontrak maupun di perusahaan swasta.

"Kalau anak-anak yang tidak kuliah ini tidak kita beri solusi, bagaimana cara kita mempersiapkan SDM sejak saat ini. Bagaimana ke depannya," kata Windu.

Windu melanjutkan, persaingan dalam mencari kerja saat ini sudah semakin sulit. Selain itu kemampuan pemerintah daerah dalam menerima pegawai kontrak juga terbatas anggaran.

"Saat ini tenaga kontrak kita itu mencapai 1.300, yang tamat sekolah setiap tahun sekitar 1.000 orang, belum lagi yang tamat kuliah. Kita tahu SMA ini sudah suliat untuk mencari pekerjaan, apalagi untuk masuk pegawai negeri," ujarnya.

Windu berharap dengan adanya rencana pendirian politeknik dapat menjawab tantangan ke depan, terutama mempersiapkan generasi yang berkualitas. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru