Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Warga 2 Desa di Kecamatan Mandau Talawang Terendam Banjir

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Oktober 2019 - 09:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sejumlah rumah warga dua desa di Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas sempat terendam banjir beberapa hari terakhir ini akibat hujan intensitas tinggi, sehingga DAS Kapuas meluap.

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga dalam rilisnya menyebutkan dua desa terdampak banjir yakni Desa Jakatan Masaha dan Sei Pinang yang mulai digenangi dan sebagian rumah terendam banjir pada Sabtu 26 Oktober 2019.

"Untuk update terakhir diterima Pusdalops PB itu kemarin sore kondisi air mengalami penurunan. Dan masyarakat tidak ada yang mengungsi karena kondisi masih dianggap aman," ucap Sinaga, Senin 28 Oktober 2019.

Terlebih, lanjut Sinaga keberadaan alat deteksi dini banjir atau EWS (early warning system) yang terpasang di Desa Sei Pinang berfungsi dengan baik, sehingga memberikan peringatan siaga 1 dan 2 kepada masyarakat.

Akibat kejadian ini jalan umum desa, permukiman warga dan fasilitas umum tergenang sampai dengan terendam.

"89 unit rumah, 1 unit rumah ibadah, 1 unit kantor desa , 1 unit Sekolah di Desa Jakatan Masaha sempat terendam, dengan total KK terdampak ada 89 tuturnya. Sedangkan di Desa Sei Pinang sekitar 286 unit rumah warga tergenang banjir.

"Dengan sekitar 316 KK yang terdampak musibah banjir ini," tuturnya. Laporan sementara dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

"Upaya kami BPBD Kapuas terus berkoordinasi dengan pihak terkait. Perangkat Kecamatan serta perangkat desa melakukan pendataan di lokasi kejadian," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru