Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara Minta Perangkat Daerah Tata Kembali Arsip Instansi

  • Oleh Ramadani
  • 30 Oktober 2019 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, Nadalsyah meminta perangkat daerah untuk segera menata kembali arsip pada instansi masing-masing.

"Hal ini untuk menghindari arsip yang menumpuk, serta menyelamatkan arsip-arsip yang masih bernilai guna," kata Nadalsyah saat sosialisasi kearsipan bagi perangkat daerah dan kepala desa, Rabu, 30 Oktober 2019.

Perangkat daerah juga diminta menyerahkan arsip statis, yaitu arsip yang dihasilkan pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan. Dan itu telah diverifikasi baik oleh arsip nasional atau lembaga kearsipan.

Nadalsyah menambahkan, dari segi adminitrasi, arsip mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting. Yakni, dalam rangka tertib admintrasi, dokumentasi, dan pertanggungjawaban dalam setiap pelaksanaan kegiatan.

Arsip merupakan bagian dari manajemen organisasi, pengelolaan arsip yang baik di setiap perangkat daerah nantinya akan berpengaruh pada kinerja.

“Dampak pengelolaan arsip yang terorganisir secara nyata dan berkelanjutan akan memberikan kelancaran serta dukungan pada proses keseluruhan manajemen organisasi,” katanya.

Sehinggam jika pengelolaan arsip itu tidak teratur dan tertata secara sistematis serta terorganisir, maka akan pemerintah apabila suatu saat arsip tersebut diperlukan. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru