Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gula hingga Cuka Bisa Jadi Alat Tes Kehamilan

  • Oleh Teras.id
  • 01 November 2019 - 23:32 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sebelum ke dokter kandungan, umumnya orang akan melakukan tes kehamilan secara mandiri menggunakan test pack yang dijual di apotek. Alat ini dicelupkan ke urine untuk mengetahui tingkat hormon kehamilan atau human chorionic gonadotropin (HCG).

Tubuh akan memproduksi hormon ini setelah sel telur yang dibuahi menempel di dinding rahim, atau sekitar 6 hari setelah pembuahan.

Selain test pack, ternyata ada cara alami yang bisa dijalani untuk mengetahui kehamilan. Cara ini dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keakuratan alat-alat ini secara ilmiah. 

Namun jika Anda tetap ingin mencobanya, berikut yang beberapa bahan yang bisa Anda coba untuk dijadikan alat tes kehamilan.

1. Gula

Hampir setiap orang tentu memiliki gula di rumah, tapi hanya sedikit yang tahu kalau gula bisa dijadikan sebagai alat tes kehamilan alami. Jika Anda ingin mencobanya, masukkan 1 sdm gula ke dalam mangkuk plastik, lalu tambahkan 1 sdm urine Anda.

Lihatlah reaksi yang terjadi pada gula. Jika gula larut dengan cepat, maka hasilnya negatif. Namun jika gula menggumpal, maka hasilnya positif. Ini dikarenakan HCG dalam urine tidak bisa membuat gula larut.

2. Pemutih

Pada dasarnya, pemutih digunakan dengan cara yang hampir sama dengan gula sebagai alat tes kehamilan. Bila Anda ingin mencobanya, kumpulkan ½ cangkir urine ke dalam wadah kecil dan tambahkan ½ cangkir pemutih. Lalu, tunggulah sekitar 3-5 menit untuk melihat reaksi.

Jika timbul busa dan mengeluarkan suara mendesis, maka hasilnya positif. HCG dalam urine dipercaya mampu bereaksi dengan pemutih, serta menyebabkan timbulnya busa dan suara desisan.

3. Garam

Sama dengan gula, garam juga merupakan bahan yang umumnya tersedia hampir di setiap rumah. Jika Anda ingin menjadikan garam sebagai alat tes kehamilan, masukkan beberapa sendok garam ke dalam wadah kecil. Lalu, tambahkan urine yang telah dikumpulkan di pagi hari dari wadah yang berbeda.

Tunggu garam dan urine menunjukkan reaksi. Proses ini memakan waktu cukup lama, bahkan sampai sekitar 8 jam atau lebih. Jika hasilnya negatif, tidak akan terjadi apa-apa pada campuran tersebut. Namun, jika hasilnya positif, maka akan terbentuk larutan seperti susu atau keju yang meleleh.

4. Cuka

Cuka juga termasuk dalam salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai alat tes kehamilan alami. Caranya, tambahkan satu cangkir cuka putih ke ½ gelas urine, dan tunggu 3-5 menit.

Berita Terbaru