Masih Ada 19 Sekolah Belum Bisa Laksanakan UNBK di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 02 November 2019 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berupaya di 2020 semua sekolah tingkat SMP/MTs yaitu sebanyak 73 sekolah bisa melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) saat ini tinggal 19 sekolah yang belum bisa melaksnakan UNBK.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar Rosehan Pribadi melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP, Sunari mengatakan jumlah murid yang mengikuti ujian pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 4.373 murid yang tersebar di 73 sekolah.

"Tahun ini baru 54 sekolah yang bisa melaksanakan UNBK karena keterbatasan sarana dan prasarana dan jaringan internet. Kami melaksanakan UNBK sudah 2 tahun, pada 2018 sebanyak 34 sekolah dan tahun ini sebanyak 54 sekolah," katanya.

Pada akan diupayakan semua sekolah melaksanakan UNBK. Pada 2018 dan 2019 pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs ada 2 sistem yakni melaksanakan UNBK di sekolah masing - masing, bagi sekolah yang belum siap maka menggunakan fasilitas di sekolah yang ada.

"Misalnya bergabung dengan sekolah lain ada yang bergabung di SMP/MTs dan ada juga menggunakan fasilitas di SMA/MA/ SMK karena jadwal UNBK antara SMP/MTs dengan SMA/MA/SMK beda," ungkapnya.

Pada 2019 ada 4.373 peserta ujian nasional, tapi yang memiliki sarpras UNBK baru sepertiganya saja, karena pada saat pelaksanaan UNBK ada sistem pinjam, jadi siswa membawa laptop sendiri atas izin orangtua.

"Kami memerintahkan siswa untuk pakai laptop denga seizin orang tuannya, karena sebelum di gunakan laptop tersebut di karantina terlebih dulu," jelasnya.

Pihaknya berusaha untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana UNBK pada 2019 dan telah ada pengadaan 30 unit komputer dari APBD Kobar, selain itu juga ada bantuan dari pemerintah pusat.

"Agar semua murid bisa mengikuti UNBK, Disdikbud tengah mengupayakan melibatkan pihak ketiga, melalui dana CSR perusahaan bidang pendidikan, semoga di April 2020 Kobar bisa 100 persen melaksankan UNBK," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru